Selasa, 12 Februari 2008

Format Font Digital

1.Postscript Fonts

Format font yang memiliki dua bagian, yaitu screen fonts dan printer fonts. Printer Fonts pada prinsipnya adalah bentuk out,ine yang kemudian diisi dengan titik-titik semprotan tinta pada bentuk outline tersebut. Proses ini disebut rasterization. Proses pengisian titik-titik tersebut pada komputer menggunakan perhitungan khusus yang disebut PostScript, oleh karena itu disebut PostScript Fonts.

Contoh PostScript Fonts misalnya Kozuka Gothic Pro B, Kozuka Gothic Std R, Adobe Song Std L, Century Old Style, dll

2. TrueType Fonts

TrueType Fonts awalnya diproduksi oleh Apple, kemudian menjadi standar pada sistem Windows dan MacIntosh. Keuntungan TrueType Fonts adalah ia hanya memiliki satu file untuk semua ukuran font.

Contoh TrueType Fonts misalnya: Arial Black, Albertus, AvantGarde Md BT, Tahoma, Verdana, dll.

3. OpenType Fonts

Format ini dibuat atas kerjasama antara Microsoft dan Adobe. Opentype Fonts juga dapat diterima oleh sistem MacIntosh.

Contoh OpenType Fonts misalnya Myriad Pro Black Bondensed, Myriad Light Condensed, Lytos Pro Regular, Lytos Extra Ligth, dll

4. Multiple Master Font

Font Type 1 yang lebar dan ketebalannya dapat dimodifikasi langsung dari master desainnya. Keuntungan dari penemuan teknologi ini adalah kita membeli satu lisensi font dan kita dapat memodifikasinya tanpa merubah bentuk asli font tersebut.manufaktur dari font ini adalah Adobe Corp.

Contoh Multiple Master Fonts ialah ITC AvagarMM, ITC AvantGarde Gothic MM

Desain Grafis Fundamental

Desain adalah proses – cara – perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang

Grafis adalah goresan yang berupa titik atau garis yang berhubungan dengan cetak-mencetak

Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversiv atau sesuatu yang mudah diingat. (Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com)


Ruang Lingkup

Desain Grafis adalah cabang ilmu dari Senià Desain

Itu “Komputer Grafis” bukan “Desain Grafis”

Dari Desain Grafis ke Desain Komunikasi Visual


Seorang Desainer harus ditopang oleh minimal lima dimensi keilmuan:

1. Wawasan Teknologi

2. Wawasan Sains

3. Wawasan Seni

4. Wawasan Sosial dan Budaya
5. Wawasan Filsafat dan Etika

GANTI SUASANA AAAHHHH....

Setelah lama menggunakan Theme nuansa warna pink, sekarang ganti wajah baru dengan nuansa hijau. Nuansa pink aku pilih waktu itu karena menyesuaikan dengan suasana hati yang sedang "pink" alias falling in lope :)

Lha sekarang yang di falling in lope-i sudah jadi bini aku. jadi yang diinginkan adalah nuansa hijau yang sejuk dalam keluarga. demikian kiranya ketika kita membikin sesuatu maka kita harus punya argumen tertentu supaya tidak dibilang plin-plan. kan gitu mbok ya....

warna hijau yang aku pilih adalah hijau cerah, hijau muda yang mencerminkan kesejukan yang cerah. menapaki hari-hari yang cerah dalam rumah tangga dengan kesejukan didalamnya.

lha kalo suatu saat lagi berantem sama istri apa ya trus ganti theme lagi ya....?? mungkin ganti dengan theme hitam yang sangar. tapi itu kalo sempat, karena kalo lkagi berantem kan jadi gak karuan. tapi moga2 sih gak berantem, mberantem boleh tapi jangan lama2 n jangan sadis gitu. berantem yang kalem aza :)
◄ New Post Old Post ►
 

Copyright 2012 ILMU DESAIN GRAFIS: Februari 2008 Template by Bamz | Publish on Bamz Templates