Kompetisi Desain Alat Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan
KEKERASAN SEKSUAL: KENALI & TANGANI
20 perempuan Indonesia menjadi korban kekerasan seksual, setiap hari! ¼ dari jumlah seluruh kasus kekerasan terhadap perempuan adalah kekerasan seksual
(Kajian Komnas Perempuan tentang Kekerasan Seksual, 2011)
Sebagian besar kekerasan seksual dilakukan oleh anggota keluarga perempuan korban sendiri. Sebagian oleh orang lain dalam komunitas mereka, dan ada yang dilakukan oleh aparat negara, bahkan pejabat publik. Bentuk kekerasan seksual bukan hanya pelecehan seksual atau perkosaan. Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menemukan ada 14 bentuk kekerasan seksual, termasuk prostitusi paksa, perkawinan paksa, aborsi paksa, kehamilan paksa, hingga kontrol seksual, misalnya melalui aturan busana. Kekerasan seksual menjadi amat sulit untuk diselesaikan karena ada persoalan besar dalam aturan hukum nasional dan sikap aparat penegak hukum, buruknya stigma terhadap korban, dan budaya menyalahkan korban.Itulah sebabnya ”Kekerasan Seksual: Kenali dan Tangani” menjadi tema Kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan (k16haktp) sejak tahun 2010 hingga 2014. K16haktp adalah kampanye yang berlangsung setiap tanggal 25 November hingga 10 Desember. Tujuannya adalah mengajak masyarakat bergabung dalam gerakan anti kekerasan terhadap perempuan, dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berbasis gender lainnya. Ini adalah kampanye internasional sejak 1991, dan Komnas Perempuan mengambil peran sebagai fasilitator kampanye ini di tingkat nasional. Pada 2011, ada 52 organisasi yang berasal dari 42 kabupaten di 23 provinsi bergabung dalam kampanye ini di Indonesia.
Komnas Perempuan mengajak kamu bergabung dalam gerakan ini dengan mengikuti Kompetisi desain alat kampanye 2012. Melalui kompetisi ini, kamu bisa membuat pesan-pesan kampanye untuk perubahan dan penanganan kekerasan seksual tersampaikan kepada publik. Tentunya lewat desain yang kreatif, jelas dan mudah dipahami, serta membuat lebih banyak orang ikut lakukan aksi untuk tangani Kekerasan Seksual.
Syarat + Ketentuan Kompetisi:
- Kompetisi dibuka tanggal 25 Juli 2012 dan ditutup 25 September 2012
- Kompetisi terbuka untuk warga negara Indonesia, dari latar belakang yang bhinneka
- Peserta wajib mengisi formulir keikutsertaan kompetisi yang dapat diunduh di website Komnas Perempuan (www.komnasperempuan.or.id)
- Desain harus sesuai dengan tema kampanye, yaitu “Kekerasan Seksual: Kenali dan Tangani”. Informasi tentang tema harap dibaca di : www.komnasperempuan.or.id/wp-content/uploads/2011/11/Kekerasan-Seksual.pdf
- Desain belum pernah/tidak sedang dipublikasikan dalam kompetisi serupa
- Tidak ada batas jumlah pengiriman desain, peserta boleh mengirimkan lebih dari satu desain
- Desain dikirimkan melalui email kompetisidesain@komnasperempuan.or.id
- Lima desain terbaik akan ditampilkan dalam website dan facebook group Komnas Perempuan untuk mendapatkan suara dari mitra kampanye nasional
- Pemenang kompetisi akan diumumkan dalam website Komnas Perempuan (www.komnasperempuan.or.id) pada 1 Oktober 2012
*Lebih lanjut tentang K16haktp, ketentuan teknis kompetisi dan formulir keikutsertaan, kunjungi: www.komnasperempuan.or.id/16hari
Hadiah
Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp.5 juta, serta publikasi desain dalam bentuk produksi alat kampanye (T shirt, Tas, Buku Agenda, Pin dan Kalender) yang akan digunakan dalam kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan secara nasional.
KETERANGAN TEKNIS LOMBA
a. Format karya desain:
- Karya asli, dibuat dengan format CMYK, AI, INDD, ADOBE PHOTOSHOP, TIFF, ukuran 3543 x 5315 pixels (setara dengan 60 x 90 cm, 150 pixels/inch), posisi vertikal,
- Thumbnail (perkecilan) karya: dibuat dengan format CMYK, jpg, GIF, ukuran 534 x 800 pixels (setara dengan 9 x 13.5 cm, 150 pixel/inch), posisi vertikal, file size < 220 KB
- Desain poster harus mencantumkan teks: “Kekerasan Seksual: Kenali dan Tangani”
- Desain harus menyertakan logo kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan, unduh logo disini
- Desain bisa berupa gambar dan teks/copy/narasi, atau hanya teks/copy/narasi
- Teknis dan gaya visualisasi bebas, orisinal, asli 100% buatan sendiri dan tidak menggunakan elemen yang melanggar hak cipta dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan/jiplakan),
- Jika ada ketentuan ini terbukti dilanggar, karya akan dianulir dan/atau dibatalkan penghargaannya,
- Karya bisa berupa hasil kerja mandiri/perseorangan atau kolaborasi dengan mengatasnamakan salah satu individu yang terlibat penuh dan memenuhi persyaratan sebagai peserta,
- Karya bisa dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital, sehingga berwujud digital,
- Hak cipta seluruh karya yang diterima panitia merupakan milik masing-masing peserta. Komnas Perempuan dan mitra kampanye berhak mempublikasikan karya tersebut dengan memberi informasi/kredit pemilik hak ciptanya.
- 1 formulir keikutsertaan kompetisi yang sudah diisi lengkap (biodata dan penjelasan karya)
- 1 buah kartu identitas (Kartu Tanda Penduduk, Kartu Pelajar/Mahasiswa, atau kartu identitas lainnya) yang telah di scan
- Tulis “Kompetisi Desain Alat Kampanye 2012” pada judul email
- Karya diterima melalui email kompetisidesain@komnasperempuan.or.id selambat-lambatnya diterima panitia tanggal: 25 September 2012, jam 17.00 wib
Dewan juri adalah tim penilai dari Komnas Perempuan. Seluruh karya terkirim akan mendapat kesempatan dinilai oleh dewan juri, namun hanya satu nama peserta yang punya kesempatan untuk mendapat satu penghargaan. Dewan Juri akan memilih 5 karya finalis yang akan ditampilkan dalam website dan facebook group komnasperempuan pada 25 – 30 September 2012, untuk mendapatkan suara dari mitra kampanye nasional.
Dasar penilaian dewan juri adalah:
- orisinalitas karya,
- kesesuaian tema dan konsep desain,
- lingkup kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam menyampaikan pesan,
- inovasi serta sisi artistik penyajian visual,
- hasil perolehan suara dari mitra kampanye nasional.
- Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa sertifikat dan uang tunai Rp.5 juta,
- Nama pemenang akan dipublikasikan dalam konferensi pers peluncuran kampanye nasional pada tanggal 24 November 2012,
- Desain akan dipublikasikan dan diproduksi ke dalam alat-alat kampanye dalam bentuk T shirt, Tas, Buku Agenda, Pin dan Kalender yang akan digunakan dalam kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan secara nasional.
Lampiran: Formulir Pendaftaran
Oficial Site
0 komentar:
Posting Komentar