Jumat, 14 September 2012

Lomba Innovation on Product Design Competition (INCEPTION) 2012 [d/l. 13 Oktober 2012]


PEMBUKA
Dunia teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dan cepat, hampir diseluruh aspek kehidupan manusia. Kebutuhan manusia yang beragam mengakibatkan teknologi informasi terus maju berkembang, salah satu kebutuhan pokok manusia adalah mereka ingin segala pekerjaan dan urusannya dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien sehingga tidak membuang banyak waktu dan tenaga. Kebutuhan inilah yang membuat teknologi mobile semakin berkembang.
Dewasa ini lingkungan pekerjaan sudah mengalami pergantian dari kantor tradisional menjadi kantor yang modern. Perkembangan teknologi peranti mobile yang didukung oleh internet, menciptakan akses di setiap waktu dan tempat. Dengan terciptanya mikroprosesor yang kecil, efektif, dan mempunyai kecepatan tinggi. Peranti mobile menjadi semakin pintar dan dibutuhkan pada setiap bidang pekerjaan.
Internet bukan suatu hal yang asing lagi di era globalisasi dan berkembangnya teknologi, internet sudah menjadi bagian yang penting untuk berbagai macam kebutuhan, dengan adanya internet dapat mengetahui berbagai macam informasi yang ada di seluruh negara.
Ide yang brilian, apakah sederhana atau kompleks, nyata dengan desain yang baik sebagai produk yang suatu hari nanti bisa tersedia di pasar memiliki nilai riil. Dengan keyakinan dasar, Laboratorium Sistem Manufaktur Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia menggelar sebuah event yang bernama Innovation on product design competition (INCEPTION) 2012 yang bertema “Innovation Mobile Application Based on Cloud Computing System with Engineer Thinking” . INCEPTION 2012 menyerukan kepada mahasiswa dari Perguruan Tinggi se-Indonesia untuk mengirimkan ide terbaru dan terbaik, sebagai aplikasi dengan desain yang baik untuk kompetisi. Tujuan dari event ini adalah untuk menjadi platform mendefinisikan yang memisahkan ide-ide yang baik dengan solusi desain yang baik dari biasa-biasa saja, untuk memberikan evaluasi yang memberikan keuntungan pada mahasiwa di dunia yang semakin Kreatif ini.

Nama Kegiatan
Innovation on Product Design Competition (INCEPTION) 2012

Tema Kegiatan
“Innovation of Mobile Application Based on Cloud Computing System with Engineer Thinking”

Pelaksanaan Kegiatan
Secara garis besar, penyelenggaraan INCEPTION 2012 dapat dibagi menjadi 3 bagian:
1.      Babak Kualifikasi
Pada babak kualifikasi, tim yang ingin mengikuti kompetisi ini akan mengirimkan proposal dan persyaratan administrasi kepada panitia. Proposal berisi tentang deskripsi singkat aplikasi/game, gambaran aplikasi/game, beserta keunggulannya dari sisi inovatif dan manfaat.
2.      Babak Final
Babak final diikuti oleh 8 tim yang lolos babak kualifikasi. 8 tim tersebut akan mempamerkan produk aplikasi/game yang telah diciptakan di lokasi yang disediakan dan berkesempatan untuk mengkomunikasikan produk tersebut kepada masyarakat luas.

Persyaratan dan Ketentuan Peserta
Semua mahasiswa aktif program Strata 1 dan Diploma dari semua program studi dari seluruh Perguruan tinggi se-Indonesia dapat berpartisipasi. Setiap tim terdiri dari maksimal empat orang peserta, dengan minimal satu anggota mahasiswa Strata 1 dan Diploma program studi teknik industri. Semua anggota tim harus berasal dari satu universitas yang sama.

Persyaratan dan Ketentuan Umum
Semua ide proposal yang masuk akan menjadi milik panitia INCEPTION 2012. Karya yang diikutsertakan dalam kontes ini adalah karya asli masing-masing tim peserta yang  belum dipublikasikan dan belum dikomersialkan sebelumnya. Ide  yang  dikembangkan  adalah  asli  dari  peserta,  atau  salah  satu  peserta.  Seluruh  proses  pembuatan  game,  dari  pembangunan  proposal  hingga  final  dilakukan  oleh  peserta  dibuktikan  dengan  presentasi  saat  final,  serta  surat  pernyataan  keaslian  ide  dan  hasil.  Jika  dikemudian  hari  ada  pihak  yang menuntut  atas  ide  yang  dilombakan, maka  hak  juara  (jika  berhasil  menjadi  juara)  akan  dicabut  oleh  panitia,  peserta/institusi  pemenang  wajib  mengembalikan hadiah dan sertifikat yang diberikan oleh panitia.

Kategori Lomba
1. Manufacturing-Based Mobile Game
2. Mobile Location-Based Information Service App with Cloud Computing Platform
3. Mobile Location-Based E-Commerce Platform
4. Mobile Social Media Gaming with GPS
5. Product Customization for Mobile Solution

Hadiah Pemenang
Juara 1                         : Rp 11.000.000,-
Juara 2                         : Rp 8.000.000,-
Juara 3                         : Rp 6.000.000,-
Best Stand in EXPO     : Rp 500.000,-

Timeline :
17 Juli-13 Oktober 2012
Pendaftaran Online
Pengumpulan proposal ke pihak INCEPTION 2012 ke E-mail : lomba.inception@gmail.com

13 November 2012
Pengumuman 8 besar dan technical meeting

14 November-03 Desember 2012
Daftar Ulang via pos ke sekertariat INCEPTION 2012

13 Desember 2012
Presentasi, Expo, Pengumuman Pemenang Bertempat di Gedung Heritage Bank Indonesia DI Yogyakarta Lantai 1

Ketentuan Lain :
Bisa didownload di menu download di www.inception2012.com


SEKRETARIAT
Laboratorium Sistem Manufaktur
Fakultas Teknologi Industri UII
Jalan Kaliurang km 14,5 Sleman Yogyakarta
E-mail : lomba.inception@gmail.com

CONTACT PERSON
Tio Sampurno (0857 6493 2511) Rahmadani Risha (0857 2537 7278) Intan Anggraini (0812 1586 2768)
Fauzan A Mahanani

Official Site

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►