Minggu, 14 Desember 2008

Prinsip Kesatuan


Prinsip kesatuan dalam desain grafis multimedia adalah prinsip bagaimana mengorganisasi seluruh elemen dalam suatu tampilan grafis. Untuk mencapai kesatuan tersebut harus mengerti tentang garis, bentuk, warna, tektur, kontras nilai, format, keseimbangan, titik focus dan ritme. Dengan kata lain, seorang desainer harus mengetahui bagaimana mengorganisasi elemen dan membangun ikatan atau hubungan diantaranya.

Beberapa prinsip untuk membuat kesatuan adalah sebagai berikut :

Hubungan, yaitu mengulang suatu elemen, misalnya warna, arah, nilai, bentuk, tekstur atau membangun suatu gaya, misalnya gaya linier, atau membangun hubungan di atara elemen yang ada. Iklan mobil MINI yang menggunakan prinsip kesatuan yang menggunakan hubungan. Iklan mobil yang berjudul ”Detail Stickers” dibuat oleh Crispin Porter Bogusky. Iklan tersebut mendapat penghargaan Gold pada Festival On Show 2003 untuk kategori iklan majalah.

Grid, yaitu membagi sub bagian dari format ke dalam bagian horizontal dan vertical secara tetap, kolom, margin, dan ruang yang membentuk kerangka untuk mengorganisasi ruang, huruf, dan gambar dalam desain. Iklan dari kebun binatang Zoo De Buenos Aires dengan judul “Polar Bear”. Iklan buatan Del Campo Nazca Saatci & Saatchi, Buenos Aires ini memenangkan “Gold Lion Campign” pada festival Cannes 2003 menggunakan prinsip kesatuan dengan grid.

Kesejajaran, yaitu hubungan visual yang dibuat antara elemen-elemen, bentuk, dan obyek yang mempunyai garis poros yang sama. Iklan dari Microsof untuk sistem operasi Pocket PC 2002 yang menggunakan prinsip kesatuan dengan kesejajaran.

Aliran, yaitu menggunakan prinsip ritme dari bergerak elemen satu ke elemen lain. Iklan dari Energizer deangan judul ”Monster Truck”. Iklan buatan J. Walter Thomson, Puerto Rico ini memenangkan “Gold Winner” pada Hispanic Creative Advertising Awards 2003, menggunakan prinsip kesatuan dengan aliran.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►
 

Copyright 2012 ILMU DESAIN GRAFIS: Prinsip Kesatuan Template by Bamz | Publish on Bamz Templates