Kamis, 06 Januari 2011

Peranan Warna Dalam Desain Komunikasi Visual

Pemilihan warna dalam karya desain sangat besar peranannya, terutama dalam menghadirkan kesan secara keseluruhan dari karya desain tersebut. Warna merupakan elemen paling utama yang angsung dapat ditangkap oleh indra penglihatan sebelum elemen lainnya disadari.

SIFAT DAN KARAKTER WARNA

peranan warna dalam desain komunikasi visualWarna memiliki dimensi khusus yang membedakan warna satu dengan warna yang lainnya, walaupun secara umum warna dapat dikelompokkan menjadi 3 warna dasar (Primer) yaitu merah (Red), Kuning (yellow), dan Biru (Blue) atau lebih dikenal RGB.

Perpaduan dari dua warna primer akan menghasilkan warna Sekunder, dan perpaduan warna diantaranya membentuk warna Tertier.

Color + Black = Shade
Color + White = Tint or Pastel
Color + gray = Tone

Dari ketiga warna primer tersebut menghasilkan berbagai nada warna (Hue), apabila nada warna tersebut diberi intensitas warna monokromatik / Tin, Tone, Shade, maka akan menghasilkan intensitas gelap terang warna tertentu (Value).

Warna Monokromatik adalah nada warna diantara hitam dan putih.
  • Apabila nada warna dicampur dengan warna putih maka disebut warna Tint atau Pastel.
  • Apabila nada warna dicampur dengan warna grey atau cenderung abu-abu maka disebut Tone.
  • Dan Nada warna yang dicampur dengan warna hitam disebut Shade.

PENGARUH WARNA TERHADAP PSIKOLOGIS

Warna dapat dikelompokkan kedalam warna panas dan warna dingin. Warna panas atau warna hangat adalah kelompok nada warna yang mengarah ke warna merah, sedangkan warna dingin atau sejuk adalah kelompok nada warna yang mengarah ke warna biru.

Warna terang akan memberikan kesan ringan dan luas, sedangkan warna gelap akan memberikan kesan berat dan sempit atau terbatas.

Author : Domi D.S.,SSn
Link : www.domieducation.com

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►