Sabtu, 05 Januari 2013

Logo Dengan Slogan Super Makna

Tagline lebih dikenal dengan slogan, tagline merupakan salah satu cara mengasosiasikan atau menghubungkan suatu merk dengan pelanggan dan konsumen potensial. Tagline/slogan sering digunakan secara bersamaan mendampingi logo.

Tagline berupa susunan kata atau frase yang digunakan untuk merangkum atau mengekspresikan tujuan dan semangat merk. Kehadiran tagline/slogan bukanlah sesuatu yang mutlak. Namun ia mempunyai peran unik dan manfaat khusus dalam mendukung komunikasi merk, dalam hal ini adalah komunikasi visual kepada target pasar atau pelanggan

Secara spesifik, tagline digunakan untuk menambah energi aktif pada logo, memberikan dorongan motivasi pada khalayak ramai, mengonsolidasikan filosofi perusahaan atau merk, dan memberikan detail singkat tentang apa yang ditawarkan dan dijanjikan merk (brand promise).

Berbeda dengan byline, tagline mampu mendeskripsikan atau mendramatisasi manfaat-manfaat fungsional dan emosional. Tagline memberitahu khalayak bagaimana mereka merasakan terhadap merk tersebut, mencerminkan kepribadian bahkan kualitas merk tersebut, memberi kejelasan merk, menciptakan makna pada merk, membedakan dengan kompetitor, dan bersifat visioner.

Berikut contoh logo beserta slogan merk/perusahaan lokal maupun internasional yang sempat Omphe Studio kumpulkan:
Nokia dengan tagline/slogan "Connecting People"
Sempat merajai pasar industri telekomunikasi, sebelum akhirnya digusur oleh Blackberry dan kehadiran smartphone Andriod. Simple, elegant dan tegas, logo ini merupakan logo yang istimewa dapat dipastikan bahwa hampir semua khalayak mengetahui dan mengenali logo ini.

Indofood dengan tagline/slogan "Lambang Makanan Bermutu"
Indofood merupakan produsen dari banyak produk makanan yang sangat dikenal masyarakat indonesia. Seperti Indomie, Sarimi, Pop Mie, Chiki, Chitato, La Fonte dan banyak lagi.
Cerminan atribut dan janji perusahaan, demikianlah tagline yang ditegaskan pada produsen terbesar makanan cepat saji ini. Seperti halnya yang kita lihat dari tagline Indofood yang mengaitkan antara perusahaan sebagai produsen makanan dan kebutuhan khalayak akan makanan yang berkualitas dan bergizi tinggi. Manfaat emosional terkandung dalam kata “Lambang”, sedangkan manfaat fungsional terangkum dalam kata “Makanan Bermutu”.
Telkom Indonesia dengan tagline/slogan "The World in Your Hand"
Tagline dapat pula dimanfaatkan untuk memperkenalkan positioning baru. Telkom Indonesia dengan tagline “The World is In Your Hand”, menggantikan tagline “Commited 2U”, berusaha memposisikan kembali citra dan budaya baru perusahaan serta menandakan adanya transformasi yang fundamental dan menyeluruh. Kehadiran tagline tersebut memberi kejelasan terhadap logo baru yang mengambil simbol tangan dan bola dunia.

Demikian para sahabat Omphe Studio, beberapa ulasan mengenai tagline atau slogan yang sering kita jumpai. Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi kepada anda semua.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►