Minggu, 03 Februari 2013

Seleksi Menggunakan Polygonal Lasso Tool

Melanjutkan pembahasan yang kemarin, yaitu membuat  seleksi menggunakan lasso tool. Sekarang saya akan membahas cara membuat seleksi objek dengan menggunakan Polygonal Lasso Tool. Seleksi Menggunakan Polygonal Lasso Tool khusus digunakan untuk membuat seleksi dengan bentuk garis lurus / poligonal. Objek dengan bentuk lurus semisal desain interior, seleksi bentuk bintang intinya hanya cocok digunakan untuk menyeleksi bidang / bentuk yang lurus. Cara seleksi juga mudah, cukup dengan melakukan klik pada satu titik, kemudian klik lagi pada titik di daerah yang lain.

Seleksi Photoshop pada dasarnya dibuat berbentuk melingkar ( ada titik awal dan akhir ), entah digunakan untuk membuat garis 1 px atau membuat bentuk tertentu. Sebagai contoh, pada saat menyeleksi wajah, maka tool seleksi tersebut harus melingkari wajah tersebut. Diawali dari dari titik satu dan diakhiri pada titik lainnya yang biasannya titik ini dibuat agar saling mendekati, sehingga area seleksi mirip dengan apa yang diinginkan.

 Cara membuat seleksi dengan Polygonal Lasso Tool 

1. Aktifkan Polygonal Lasso Tool yang terletak pada kelompok Lasso Tool.



2. Klik pada objek yang akan dibuat seleksi dari satu titik ketitik yang lain mengikuti bentuk gambar.



Tips:
Pada waktu proses seleksi sedang berjalan, Anda bisa mengubah Polygonal Lasso Tool menjadi lasso tool secara temporer dengan cara menekan tombol ALT dan tahan. Dengan cara ini objek dengan garis lurus dan melengkung masih bisa diseleksi menggunakan kombinasi keduanya.

Proses seleksi telah selesai, selanjutnya anda tinggal mengolah objek yang telah diseleksi. Semoga anda menikmati tutorial ini, jangan lupa bergabung dengan teman Belajar Desain Grafis yang lain di Facebook dan ikuti kami juga di Twitter.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►