Tekstur merupakan kualitas pada permukaan atau kualitas pada papan atau kertas atau halaman elektronik. Di dalam seni, tekstur dikategorikan menjadi dua, yaitu teksture tactile dan tekstur visual. Tekstur tactile adalah nyata, kita dapat merasakan permukaannya tersebut dengan jari kita. Sedangkan tekstur visual adalah ilusi, tekstur tersebut memberikan impresi yang sederhana dari tekstur yang nyata.
Tekstur tactile dapat diciptakan dengan berbagai cara. Anda dapat memotong dan mengelem atau menempel pada tekstur. Anda juga dapat melakukan embossing (sebuah permukaan yang muncul) dengan mengimpresi tekstur dalam relief. Atau Anda membuat permukaan papan atau kanvas atau dengan mengecat, yang biasa disebut impasto.
Sedangkan tekstur visual diciptakan dengan menggunakan garis, kontras nilai, dan atau warna. Tekstur visual dalam halaman elektronik dapat dibuat langsung dengan perangkat lunak komputer, misalnya Corel Draw, Photoshop, Adobe After Effect, Adobe Premiere dan sebagainya. Anda juga dapat menggunakan CD tekstur, yang berisi bermacam-macam tekstur. Metode untuk menciptakan tekstur visual serupa dengan metode yang digunakan untuk menciptakan pola.
Iklan Family Plan Medical Insurance dari Sanitas yang dibuat oleh Contrapunto, Madrid, berjudul ”Van Gogh” yang memenangkan Gold Lion pada Festival Cannes 2003 untuk kategori iklan majalah menggunakan elemen dasar tekstur visual. Iklan tersebut ditunjukkan pada pada gambar.
Iklan Stella Artois yang dibuat oleh Lowe, berjudul ”Mask” yang memenangkan Gold Lion pada Festival One Show 2003 untuk kategori iklan majalah menggunakan elemen dasar tekstur visual. Iklan dari Giro menggunakan garis, kontras nilai, warna dan bentuk untuk mengimpresikan tekstur. Giro merupakan perusahaan helm yang mendesain helm secara revolusioner. Kualitas perlindungan merupakan yang utama pada helm. Tetapi Giro mencoba mendesain helm yang cantik dan trendi yang membuat orang tertarik pada saat pertama kali melihat. Iklan yang dibuat oleh Crispin Porter Bogusky tersebut berjudul ”Snail”, menampilkan siput yang rela meninggalkan sarangnya untuk kemudian bersarang di helm Giro, karena kecantikannya. Iklan tersebut meningkatkatkan penjualan helm sebesar 248 % dibandingkan tahun sebelumnya.
0 komentar:
Posting Komentar