Sabtu, 25 Oktober 2008

Elemen Grafis : Bentuk

Bentuk merupakan gambaran umum dari sesuatu atau formasi yang tertutup atau jalur yang tertutup. Banyak cara untuk melukiskan bentuk pada permukaan dua dimensi. Salah satu cara untuk melukiskan bentuk adalah dengan garis. Garis dapat digunakan untuk menggambarkan bentuk yang datar, misalnya lingkaran (bola), elip, silinder, piramid atau kubus. Bentuk dapat diisi dengan warna, nada atau tekstur. Bagaimana bentuk tersebut digambar akan menampilkan kualitasnya. Iklan dari Federal Express yang menggunakan bentuk. Iklan berjudul “Box”,buatan BBDO Bangkok tersebut memenangkan penghargaan “Gold Lion” pada Festival Cannes 2001 dan “Gold” pada AdFest 2002.
Iklan dari KDDI dengan judul “Tyde-Up” mengguanakan elemen dasar bentuk. Iklan buatan Dentzu Tokyo tersebut memenangkan penghargaan “Bronze” pada Advest 2002.
Cara lain untuk menggambarkan bentuk dengan menggunakan warna dan kolase. Daerah warna grey yang dihasilkan dari hitam dan putih merupakan bentuk yang tidak dibuat dengan garis., dengan demikian warna berbeda jelas dengan garis. Iklan dari BMW MINI. yang dibuat oleh Alster Hamburg yang berjudul “Halfpipe” menggunakan bentuk. Iklan tersebut memenangkan penghargaan “Gold” pada festival Effie 2002.
Sedangkan kolase adalah aktivitas memotong dan menempelkan material dengan sedikit berbeda, seperti renda, kertas, foto pada permukaan dua dimensi, termasuk pada halaman elektronik Iklan dari Coca-Cola dengan judul “No Reason” yang dibuat Dentzu Tokyo tersebut menggunakan kolase. Iklan tersebut memenangkan penghargaan “Silver” pada AdFest 2002.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►
 

Copyright 2012 ILMU DESAIN GRAFIS: Elemen Grafis : Bentuk Template by Bamz | Publish on Bamz Templates