Sabtu, 25 Oktober 2008

Pekerjaan Desainer Grafis


Desainer grafis menggunakan kata (huruf), dan gambar serta elemen-elemen grafis lain untuk berkomunikasi. Seni mereka merupakan ekspresi verbal-visual. Desainer grafis menjembatani antara Klien dengan sebuah pesan yang dikirim ke target sasaran secara visual. Desainer atas nama klien untuk memberikan informasi, membujuk, mengingatkan atau menjual.
Iklan informatif tujuannya untuk membentuk permintaan pertama dengan memberitahukan pasar tentang produk baru, mengusulkan kegunaan baru suatu produk, memberitahukan pasar tentang perubahan harga, menjelaskan cara kerja suatu produk, menjelaskan pelayanan yang tersedia, mengoreksi kesan yang salah, mengurangi kecemasan pembeli dan membangun citra perusahaan, biasanya dilakukan besar-besaran pada tahap awal suatu jenis produk. Misalnya Sunkist pertama kali dikenalkan sebagai lemon di Jepang, kemudian Sunkist memperkenalkan kata “vitamin”. Kepada publik dalam kampanye ke seluruh dunia bahwa Sunkist adalah jeruk yang mengandung vitamin C.
Mobil MINI membangun kesadaran merek dari nol menuju ke pasar mobil, menggunakan iklan informatif. Iklan mobil MINI yang berjudul “Let’s Sip, Not Guzzle” mendapat penghargaan “Silver” dari On Show 2003. Iklan yang dibuat Crispin Porter & Bogusky.
Demikian juga, Keppra memberikan informasi obat epilepsi yang baru, yang mendemonstrasikan secara potensial mampu memecahkan persoalan epilepsi, tiada bandingannya dalam kemudahan penggunaan.
Iklan persuasif tujuannya adalah membentuk permintaan selektif suatu merek tertentu, dilakukan pada tahap kompetitif dengan membentuk preferensi merk, mendorong alih merk, mengubah persepsi pembeli tentang atribut produk, membujuk pembeli untuk membeli sekarang, dan membujuk pembeli menerima kunjungan penjualan. Iklan Printer Epson merupakan iklan persuasif. Iklan yang mendapat penghargaan ”Bronze” di AdFest 2001 tersebut berjudul ”Bird”.
Iklan dari Land Rover yang berjudul “Elephants” dan dibuat oleh Young & Rubicam, London tersebut membujuk membeli dengan menampilkan anak gajah yang lebih tertarik pada Land Rover daripada induknya. Iklan yang memenangkan penghargaan “Gold” pada Effie 2003.
Iklan pengingat bertujuan mengingatkan pada produk yang sudah mapan dengan mengingatkan pembeli bahwa produk tersebut mungkin akan dibutuhkan kemudian, mengingatkan pembeli dimana dapat membelinya, membuat pembeli tetap ingat produk itu walau tidak dalam sedang musimnya, dan mempertahankan kesadaran puncak. Iklan Coca-Cola yang berjudul ”Shoe” merupakan iklan yang berfungsi mengingatkan. Iklan yang dibuat oleh Lowe Lintas Bull Calvert Pace, Johanesburg mendapat penghargaan ”Gold Lion” pada Festival Cannes 2001 untuk kategori iklan cetak.
Demikian juga iklan dari Stella Artois yang dibuat oleh Lowe, berjudul ”Phone” yang memenangkan Gold pada Festival On Show 2003 untuk kategori iklan cetak.
Tanpa memperhatikan tugas yang spesifik, Desainer grafis mempunyai dua tujuan yang saling berhubungan. Pertama, untuk menyampaikan sebuah pesan ke audiens. Kedua, menciptakan desain yang memaksakan atau menyenangkan, yang akan menyempurnakan pesan.
Seperti komunikator yang lain, desainer grafis bekerja untuk membuat pesan yang jelas dan seperti setiap seniman yang lain, desainer grafis terkonsentrasi dengan estitika. Apakah tujuan-tujuan ini tercapai bergantung pada bagaimana baik desainer mengerti media desain dan masalah desain yang telah dibuat.
Desain merupakan aturan dari bagian-bagian kedalam sebuah koherensi yang menyeluruh. Desainer grafis mengambil bagian kata, gambar, dan elemen-elemen grafis lain dan mengaturnya kedalam komunikasi yang menyatu dalam format. Desain grafis, oleh karena itu, membutuhkan pengertian yang mendalam mengenai elemen-elemen dasar dan prinsip-prinsip desain. Elemen-elemen ini meliputi garis, bentuk, volume, tekstur, warna, dan format.
Prinsip dan elemen dasar desain merupakan landasan dari pendidikan desain seperti pengerian bagian dasar pembicaraan (dialog) dan prinsip-prinsip komposisi sebelum menulis sebuah novel. Seabaiknya, dasar-dasar ini dipelajari sebelum mencoba aplikasi.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►
 

Copyright 2012 ILMU DESAIN GRAFIS: Pekerjaan Desainer Grafis Template by Bamz | Publish on Bamz Templates