Sabtu, 25 Oktober 2008

Elemen Grafis : Garis

Garis adalah tanda yang dibuat oleh alat yang digambarkan melewati permukaan. Alat yang dipakai untuk menggambar tersebut antara lain pensil, ballpoint, pointed brush, keyboard, mouse dan sebagainya. Garis dapat juga merupakan potongan di permukaan yang keras yang biasa disebut grafir. Garis juga didefinisikan sebagai titik-titik yang bergerak dan garis juga disebut sebagai jalur terbuka. Anda mungkin telah menggambar garis bertahun-tahun, tak pernah berhenti dan tak pernah menganalisisnya.
Garis dikategorikan berdasarkan tipe, arah dan kualitasnya. Tipe garis atau atribut garis merujuk pada gerakan garis dari awal hingga akhir. Tipe garis ini dapat berupa garis lurus, lengkung atau siku-siku. Inilah yang paling mudah untuk membedakan tipe garis.
Kategori kedua adalah arah garis. Arah garis menggambarkan hubungan antar garis terhadap halaman. Arah garis ini dibedakan menjadi tiga, yaitu agaris horizontal dan garis vertical garis diagonal. Garis horizontal bergerak melintasi halaman dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri. Atau dari barat ke timur atau timur ke barat. Garis vertical bergerak dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas atau dari utara keselatan atau selatan ke utara. Sedangkan garis diagonal adalah garis yang bergerak sudut menyudut, dari sudut kiri atas menuju sudut kanan bawah atau dari kanan bawah menuju sudut sudut kiri atas atau dari sudut kanan atas menuju sudut kiri bawah atau dari sudut kiri bawah menuju sudut kanan atas.
Kategori ketiga adalah kualitas garis. Kualitas garis merujuk pada bagaimana garis itu digambar. Dapat diserupakan kualitas garis seperti kualitas suara atau kualitas musik. Kualitas garis ini lebih banyak menggunakan perasaan untuk menilai kualitasnya. Mungkin kualitas garis itu dapat berupa garis yang takut-takut atau tegas, halus atau patah-patah, tebal atau tipis, tetap atau berubah-ubah.
Iklan dari Volkwagen yang dibuat oleh DDB Worldwide yang banyak menggunakan garis. Sedangkan iklan dari Nintendo yang berjudul “Arrow” dan dibuat oleh Leo Burnett London. Iklan tersebut mendapat penghargaan “Gold” pada festival Effie 2002.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►
 

Copyright 2012 ILMU DESAIN GRAFIS: Elemen Grafis : Garis Template by Bamz | Publish on Bamz Templates